1 Komentar

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dari Abad ke Abad


Pada zaman ini teknologi komunikasi dan informasi sudah banyak berkembang. Yang mulanya orang berkomunikasi dengan datang ketempatnya atau bisa dikatakan komunkasi langsung menjadi komunikasi jarak jauh baik lewat telepon, hp, internet. Perkembangan dari komunikasi langsung hingga kounikasi jarak jauh berkembang melalui berbagai tahapan.

Awalnya manusia mendatangi langsung ke tempatnya yang setujui untuk berkomunikasi. Lalu manusia mungkin sudah mulai mengenal simbol-simbol. Simbol-simbol tersebut digunakan untuk menginformasikan barang dagangan yang dijual dan lainnya.

Selain itu pada zaman setelahnya mulai berkembang sistem representasi huruf, angka, dan tanda baca dengan menggunakan sinyal kode atau  bisa disebut morse. Kode Morse diciptakan oleh Samuel F.B. Morse dan Alfred Vail pada tahun1835. Morse yang kita kenal zaman sekarang banyak digunkan pada kepramukaan.

Mulai tahun 1871 teknologi komunikasi berkembang cepat. Pada 1871, Antonio Meucci mematenkan penemuannya yang disebut sound Telegraph. Penemuannya ini memungkinkan adanya komunikasi dalam bentuk suara antara dua orang dengan menggunakan perantara kabel. 1877, The Charles Williams Shop merupakan tempat dimana telepon pertama kali dibuat dengan pengawasan Watson, yang selanjutnya menjadi departemen riset dan pengembangan dari perusahaan telekomunikasi tersebut. Alexander Graham Bell terus memantau produktivitas perusahaan tersebut sehingga pada akhir tahun sebanyak tiga ratus telepon dapat digunakan. Perusahaan Bell juga telah mematenkan telepon electro-magnetic yang menggunakan magnet permanen, diafragma besi, dan dering panggilan.

Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. Cikal bakal ditemukannya radio dimulai dari muncul dasar teori dari perambatan gelombang elektromagnetik pertama kali dijelaskan pada 1873 oleh James Clerk Maxwell dalam papernya di Royal Society mengenai teori dinamika medan elektromagnetik. Pada 1878 David E. Hughes adalah orang pertama yang mengirimkan dan menerima gelombang radio. Komunikasi suara tanpa kabel ini pun segera berkembang pesat. Kemudian diikuti pula oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an.

Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943. Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957. Perkembangan teknologielektronika, yang merupakan cikal bakal TIK saat ini, mendapatkan momen emasnya pada era Perang Dingin. Persaingan IPTEK antara blok Barat (Amerika Serikat) dan blok Timur(dulu Uni Soviet) justru memacu perkembangan teknologi elektronika lewat upaya miniaturisasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat ruang angkasa maupun mesin-mesin perang.

Iklan

One comment on “Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dari Abad ke Abad

  1. […] Posted by faizal74nnu on Februari 4, 2012 in Pengetahuan, TIK 1 Vote […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: