2 Komentar

Palung


Palung Laut (Palung / trog) dasar laut Palung sangat dalam dan curam berdinding, whichfurther menyempit ke dasar. Sempit dan tidak terlalu curam yang disebut parit Palung, sedangkan jika trog disebut lebih luas dan lebih curam. Kedalaman palung bisa mencapai ± 7000-11000 meter. Mereka juga bagian terdalam dari dasar laut.

Palung menentukan salah satu batas-batas alam yang paling penting pada permukaan padat bumi: satu antara dua lithosphericplates. Ada tiga jenis batas lempeng litosfer: divergen (dimana kerak litosfer dan kelautan dibuat di pegunungan di tengah laut), konvergen (dimana satu lempeng litosfer bawah sink lain dan kembali ke mantel), dan melintang (di mana dua lempeng litosfer masa lalu geser satu sama lain).

Palung umumnya sejajar dengan busur pulau vulkanik, dan sekitar 200 km (120 mil) dari busur vulkanik. Palung samudera memperpanjang biasanya 3 sampai 4 km (1,9-2,5 mil) di bawah tingkat lantai samudera sekitarnya. Kedalaman laut terbesar yang akan terdengar adalah Challenger Deep Palung Mariana, pada kedalaman 10.911 m (35.797 kaki) di bawah permukaan laut. Litosfer samudera bergerak ke parit pada tingkat global sekitar sepersepuluh dari satu meter persegi per detik.

Palung laut adalah alur atau parit yang panjang dan relatif sempit dan menjadi bagian terdalam dari lautan. Beberapa dari mereka berada di bagian barat Samudera Pasifik, parit laut ini memiliki kedalaman lebih dari 10.000 meter di bawah permukaan laut. Pada spotoccurred subduksi lempeng kerak bumi ke mantel, menyebabkan kehancuran kerak. Fenomena yang menyebabkan gempa.

Aktivitas gunung berapi juga berhubungan dengan pembentukan parit laut. Di laut terbuka, melalui laut membentuk paralel alur untuk deretan pulau-pulau vulkanik (gunung berapi islandarcs). Sementara kemungkinan dari deretan gunung berapi yang ditemukan sejajar dengan parit laut yang berdekatan dengan daratan. Kegiatan vulkanik terjadi karena Bumi yang menunjam mantel crustinto mengalami kehancuran dan kembali membentuk magma mencairan. Meskipun parit tampaknya akan secara posisi stabil sepanjang waktu, itu adalah hipotesis bahwa beberapa parit, terutama yang berhubungan dengan zona subduksi di mana dua lempeng samudera bertemu, retrograde, yaitu, mereka bergerak mundur ke piring yang subduksi, mirip dengan mundur- gelombang bergerak. Ini telah disebut parit rollback (rollback juga engsel). Ini adalah salah satu penjelasan untuk keberadaan cekungan busur belakang.

Hewan dan tumbuhan yang terkandung dalam palung antara lain: Paralisparis copei copei (blacksnout bekicot) kedalaman: 200-1692m ukuran: 17 cm, Stautoteuthisn syrtensis (gurita pengisap bersinar) kedalaman: downto 2508 Ukuran: sampai 50 cm, Grimpoteuthis (dumpo gurita ) kedalaman 500m :300-ukuran: sampai 1,5 m / atau 20 cm, Himantolophus paucilifolus (sepak bola ikan) kedalaman: 1000 – 4000m, ukuran betina hingga 45 cm, Chondrochladia lampadiglobus (ping-pong pohon sponne) kedalaman: 2600-3000 m Ukuran: tinggi 50cm,  Tiburonia granrojo th (yang merah besar ) besar :1m kedalaman 1500m, Stomias boa  kedalaman 200-1500m ukuran 32 cm

Iklan

2 comments on “Palung

  1. pagi pak/mas, maaf saya ingin meminta izin menggunakan gambar palung laut untuk tugas kuliah saya boleh? terimakasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: